Kamis, 16 Desember 2010

Mengenal Penyakit Tuberculosis

Tuberculosis atau biasa dikenal dengan sebutan TBC merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa.
Secara umum, gejala seseorang terkena TBC yaitu,:
- demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya pada malam hari disertai keringat;
- penurunan nafsu makan dan berat badan;
- batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah.
Penyakit TBC dapat menular, antara lain melalui darah ataupun ludah penderita, serta alat makan/minum yang mengandung kuman TBC.
Penyakit TBC bukan merupakan penyakit turunan, sehingga tidak akan diwariskan secara genetik.
Bakteri TBC memiliki daya tahan yang kuat, sehingga pengobatannya memerlukan waktu selama 6 sampai 9 bulan. Meskipun sebelum waktu tersebut penderita sudah merasakan gejala penyakitnya sudah hilang, pengobatan tetap harus dilakukan sampai jangka waktu yang telah ditetapkan dokter karena pada saat tersebut bakteri TBC sebenarnya masih berada dalam keadaan aktif. Apabila konsumsi obat-obatan dihentikan sebelum waktunya, dikhawatirkan akan timbul resistensi bakteri TBC terhadap antibiotika sehingga pengobatan akan semakin sulit dan membutuhkan biaya yang lebih mahal.
Yang tetap perlu diperhatikan yakni usahakan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi, sehingga dapat meminimalkan dampak penyakit tersebut bagi penderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar